Thursday, June 11, 2009

pendidikan itu mahal

Gatau kenapa ya cita-cita gue tuh kuliah abroad. cari beasiswa yang deket-deket kayak ke singapore malaysia gitu. waktu itu sih sempet apply beasiswa ke singapore tapi gw ga keterima, gatau kenapa mungkin gak memenuhi persyaratan kali. Iya lah yang daftar aja ada 2000 lebih se indo.

Bagi gue, kuliah di luar kayanya lebih menantang. Disana kita bener-bener dituntut segala sesuatunya serba mandiri, gak ngefek mau tinggal di share house ato dorm sama aja harus mandiri juga. ini tantangan buat gue yang kalo bangun itu harus diteriakin sama mama hehehe :p

Bukannya gue mendiskriminasikan pendidikan di Indonesia ato gimana-gimana,tapi emang jujur sih pendidikan di Indonesia itu paling rendah se Asia Tenggara. gue pernah baca di koran tntang peminat pendidikan seAsia, yang paling tinggi itu Filipina dan paling rendah ya Indonesia. tapi ya gue pribadi mau mengexplore pengetahuan gue tntang negara yang pengen gue tuju kaya perancis sama london. Toh kalo gue dapet ilmu dari sana pastilah gue terapkan di negara sendiri.

Jujur ya gue sangat amat nggak tega ngeliat anak-anak yang suka ngamen di jalanan yang seharusnya mereka dapet pendidikan yang layak. Gue yakin, siapa sih anak-anak yang gak mau mengenyam pendidikan dasar? Pasti semuanya mau. Tapi semua itu perlu UANG. kasarnya nih ya, kalo gak ada uang gak ada sekolah. Walopun walikota bekasi udah bilang sekolah gratis, gak ada pungutan apa-apa lagi, tapi nyatanya apa? BULLSHIT! Pendidikan gratis itu hanya untuk uang sekolah perbulan, buku sekolah dan alat tulis. Selebihnya kayak baju seragam, formulir pendaftaran dan tetek bengek lainnya? BAYAR! Kasian kan yang penghasilan orang tuanya gak tetap. Kaya tukang becak, tukang ojek, pemulung, dll.

Ada nih ya mantan satpam di komplek gue yang dulu tuh kerjaannya mabok-mabokan, tapi alhamdulilah sekarang udah tobat. Dan sekarang dia jadi pemulung dan pembantu masjid. Anak-anaknya? Tentu aja gak sekolah. Terakhir gw ketemu anaknya lagi ngamen di angkot. Segitu gak perdulinyakah pemerintah Indonesia terhadap pendidikan khususnya untuk anak sd? krna gw gak ngerti tentang perpolitikan indonesia, gw hanya memakai azas kesoktauan gue ttg biaya anggaran pendidikan indonesia yang jumlahnya cukup buat beli 3000 Buygati Veron Import. Tapi sampe sekarang apa? masih banyak loh yang belom dapet pendidikan gratis khususnya di perkampungan.

Ok back to topic, persaingan ngedapetin beasiswa itu susah banget. mungkin cuma anak-anak excellent yang bisa ngedapetinnya.persyaratan yang susah sampe nilai tes toefl minimal 550 ato GPA minimal 6.5 .yang pinter aja masih ngerasa gak bisa, gimana gw yang standar?

Ayo dong temen-temen semua, kita harus usaha meningkatkan taraf hidup negara, biar kita gak dipandang rendah sama orang luar, khususnya malaysia dan singapore yang nganggep kita ga pantes mengenyam pendidikan yang lebih layak. Gw pernah chatting sama orang iran dan dia lagi ambil s2 di malaysia, pas gw tanya tentang indonesia, yang dia tau cuma cerita-cerita buruk ttg indonesia aja. Gw sebagai org indo kesel bgt lah ternyata negara tetangga kita yang masih satu rumpun melayu sama kita, nyepelein kita banget.

kita harus bikin Indonesia bangga, walopun banyak yang korupsi, pejabat-pejabat bnyk yg di penjara, pejabat banyak yg kenal skandal kasus video porno, pejabat yang ini anu itu segala macem.. Ini tetep negara kita, kalo bukan kita yang memajukan trus siapa lagi? Gak mungkin megawati kan :p

pesan dari mario teguh : dimanapun belajarnya, minumnya tetep tehbotol sosro! Salam super.

No comments:

Post a Comment

thank you for your comment :)